Langsung ke konten utama

Cerita Aladin dan Lampu Ajaib dalam Bahasa Arab


  علاء الدين والمصباح السحرى




كان فى قديم الزمان ساحر من بلاد الحبشة. وقد قرأ هذ الساحر فى الكتب انه يوجد فى بلاد الصين مصباح سحرى يقضى كل شىء.
فكر هذا الساحر فى الذهاب الى بلاد الصين ليبحث عن هذا المصباح العجيب, فسافر من بلاده ليال وأياما, واسابيع وشهورا. حتى وصل الى بلاد الصين. وهناك سأل الناس عن مكان المصباح. فقال له الناس : ان هذا المصباح تحت الأرض, فى قصر مهجور, ولهذا القصر باب ضيق جدّا يكفى فقد لمور ولد صغير فى داخله . ويقال ان يلمس هذا الباب فى أثناء الدخول او الخروج ينطبق عليه الباب فى الحال.
بحث الساحر الحبشى عن مكان القصر حتى وجد. ولكنه وجد الباب صغيرا جدا. ولأ يمكنه ان يدخل منه. فبحث عن ولد صغير الجسم. ليدخل فى هذا القصر تحت الأرض. وأخذ يبحث ويبحث حتى وجد الولد الصغير الذى يريده واسمه "علاء الدين".
قال الساحر الحبسشى لعلاء الدين : ادخل منا الباب. وانزل تحت الأرض, وستجد حجرات مملوءة بالذهاب والفضة والجوهر, فاملا جيوبك من هذا الأشياء, وستجد مصباحا صغيرا قديما فهاته وتعال, وخذ هذا الحاتم معك. ثم اعطاه خاتما صغيرا لبسه. ونسى ان يقول له لماذ أعطاه الحاتم.
نزل علاء الدين الى تحت الارض من هذا الباب الصغير. وسار, وسار. فى سراديب وشوارع طويلة حتى وجد اكواما من الذهاب والفضة واللؤلؤ, ووجد غابات وجنائب جميلة. فملأء جيوبه من الذهاب والجواهر. ثم نظر حوله فوجد المصباح الذى وصفه الساحر الحبشى, فأخذه و وضعه تحت قصيمه ورجع فلما وصل الى باب القصر واراد الحروج قال له الساحر : هات المصباح أولا ثم أخرج بعد ذلك. فرفض علاء الدين ان يعطى المصباح للسحار, وقال له: ساعدنى اولأ على الخروج وانا اعطيك المصباح بعد ذلك. فرفض الساحر , وقال : لا,لابد ان تعطينى المصباح اولا, وانا أساعدك على الخروج. فلم يرض علاء الدين.ولمس الساحر الباب بعصاه من غير قصد, فانقفل الباب فى الحال.
وقف الساحر الحبشى حيران لايدرى ماذ يفعل. وفكر طويلا فى طريقة للوصول الى داخل القصر فلم يستطع. وأخيرا رجع الى بلاده خائبا.
أما علاء الدين فانه أخذ يسير تحت الارض تائها من سرداب الى سرداب, حتى وجد نفسه فى مكان غريب. وجد نفسه فى قصر جميل محاط بالحدائق والمزارع المملوءة باطيور المغنية, والتى تجري فيها الانهار. ووجد حيطان القصر من ذهب وفضة. فأخذ يطوف حول القصر ويدخل فى حجراته, وهو يبحث عن أحد فيه فلم يجد احدا. وكان طول الوقت يبكى وينادى : امى امى, ابن انت يا امى؟ واما تعب جلس على مقعد فى حديقة القصر,ومسح عينيه ويديه من الدموع. وبينها هو يمسح يديه اذ لمس فص الحاتم الذى كان يلبسه, والذى اعطاه له الساحر الحبشى. وفى الحال ظهرت أمامه جنية, وقالت له: ياسدى, اطلب ماتريد فأنه خادنتك. فقال علاء الدين : من فضلك جذني لأمى, فانا غريب هنا, وليس لى أهل ولا أقارب. وانا تائه هنا. وفى لحظه واحدة وخد علاء الدين نفسه أمام منزل امه الفقير ومعه المصباح . فلما راته امه عانقته وهى تبكى من شدة الفرح. وسالته فحكى ما حصل. وكان علاء الدين قد ترك الجواهر والذهب والفضة وراءه الارض. ولم يحضر الا المصباح.
كانت ام علاء الدين فقيرة, ولم يترك لها ابو علاء الدين شياء عند موته. وكان علاء الدين يحب امه حبا شديدا. لأنها كانت عنده كل شىء فاعطاها المصباح لتبيعه وتشترى بثمنه الاكل. وعندما مسحت زجاج المصباح ظهرت أمامها خنية, وقالت اها : ياسيدتى, ماذ تريدين ؟ انا خادمتك. فلم تفهم ام علاء الدين المسالة : ورمت المصباح. فتكلم علاء الدين مع الجنية وقال لها: نحن فى جوع شديد وفقير, فاخضرى لنا مائدة من الطعام اللذيذ. وفى لحظة ظهرت مائدة وعليها الحراف المحمرة, والدجاج, ولاوز المحشور بالزبيب, والارز, فى اطباق من الذهب والفضة. فاكل علاء الدين وامه وشبعا, وحمدا الله , واصبحا سعيدين.
بعد ذلك خرج علاء الدين للنزهة فى حدائق المدينة. فقابل فى الطريق بنت الملك, واسمها "نور العيون". وكانت جميلة شديدة الجمال. فاحب علاء الدين هذا البيت, واراد ان يتزوجها, ولكنه كان يعرف انه فقير.
رجع علاء الدين الى المنزل, وذهب الى المصباح ومسحه. وفى الحال ظهرت جنية وقالت له: ياسيدى, اطلب ماترىد, وانا خادمتك. فقال لها علاء الدين. وانا فقير, واريد ان أتزوج بنت الملك, واريد قصرا جميلا خيرا من قصر الملك, واموالا كثيرة. وفى لحظة واحدة وجد علاء الدين نفسه رمعه امه فى قصر جميل, اجمل من قصر الملك, وفيه خزائن مملوءة بالذهب والفضة, وفيه مئات من الحدم. ووجد علاء الدين نفسه غنيا.
ارسل علاء الدين للملك هدايا من الذهاب والجواهر. ففرح الملك بهذه الهدايا. وارسل الى علاء الدين يدعوه ليتغدى معه. فذهب علاء الدين للغداء مع الملك ومع بنته "نور العيون" . وفى اثناء الغداء شكر الملك علاء الدين على هديته الغالية, وقال له : اطلب اى شىء منى, فأنت عزيز على. فقال علاء الدين : طلبى سهل يامولأى الملك, اننى ارغب فى ان أتزوج بنتك الاميرة"نور العيون" . وقيل ثم ارسل الى القاضى فكتب عقد الزواج. واقيمت الافراح اياما طويلة, وزينت مدينة الملك, ودخل علاء الدين بالأميرة نور العيون. واصبحا سعيدين.

Artinya :
Aladin dan Lampu Ajaib
Pada zaman dahulu hiduplah seorang penyihir di negeri Habsyi. Penyihir ini telah membaca dalam sebuah buku bahwa dia mendapati di negara Cina ada sebuah lampu ajaib yang bisa memenuhi segala sesuatu.
Penyihir ini berpikir berpergian ke negri Cina untuk mencari lampu ajaib tersebut, maka berpergian si penyair dari negrinya bermalam-malam, berhari-hari, berminggu-minggu daan berbulan-bulan. Hingga sampailah penyihir di negri Cina. Di negri Cina penyihir bertanya kepada orang-orang mengenai keberadaan lampu ajaib tersebut. Maka orang-orang berkata : sesungguhnya lampu ajaib berada di bawah tanah, di sebuah istana kosong, dan istana tersebut mempunyai pintu yang sangat sempit dan hanya dapat dilewati oleh seorang anak kecil di dalamya. Katanya juga bahwa orang yang menyentuh pintu itu ketika masuk atau keluar maka tertutuplah  pintu tersebut dengan seketika.
Penyihir Habsyi mencari keberadaan istana itu hingga menemukannya. Akan tetapi ia menemukan pintu itu sangat kecil, dan tidak memungkinkan untuknya masuk ke dalam. Maka ia mencari anak yang bertubuh kecil : untuk masuk ke dalam istana di bawah tanah tersebut. Penyihir mencari dan terus mencari hingga menemukan seorang anak kecil yang diinginkannya dan nama anak kecil itu adalah “Aladin”.
Penyihir Habsyi berkata pada Aladin : masuklah ke pintu ini dan turunlah ke bawah tanah, dan kamu akan menemukan  ruangan penuh dengan emas, perak dan permata. Maka penuhilah kantongmu dengan benda tersebut, dan kamu akan menemukan lampu kecil kuno berikanlah padaku dan kemarilah, ambilah cincin ini bersamamu. Maka penyihir memberi cincin kecil untuk dipakai oleh Aladin. Dan penyihir lupa memberitahu pada Aladin kenapa ia memberikan cincin itu.
Maka turunlah Aladin ke bawah tanah lewat pintu kecil tersebut, maka Aladin berjalan, dan terus berjalan di lorong-lorong jalan besar hingga ia menemukan onggokan emas, perak dan mutiara, dan menemukan hutan dan taman yang indah, maka dia penuhi sakunya dengan emas dan perhiasan. Kemudian dia melihat ke sekitarnya dan menemukan sebuah lampu yang digambarkan oleh penyihir Habsyi, maka ia mengambil dan meletakkan di balik bajunya dan dia kembali ketika sampai di pintu istana dan dia ingin keluar, penyihir berkata kepadanya : berikan lampu itu terlebih dahulu kemudian aku keluarkan setelah itu. Aladin pun menolak memberikan lampu itu kepada penyihir, dan berkata Aladin : tolonglah aku terlebih dahulu untuk keluar dan aku berikan lampu setelah itu. Penyihir menolak, dan berkata : tidak, kamu harus memberikan lampu itu terlebih dahulu, dan aku akan menolongmu untuk keluar. Maka Aladin pun menolak. Dan ketika itu penyihir menyentuh pintu dengan tongkatnya secara tidak sengaja, maka tertutuplah pintu itu dengan seketika.
Penyihir Habsyi berhenti dan binggung tidak tahu apa yang harus dilakukan. Dan berpikir panjang untuk mencari cara untuk masuk ke dalam istana tetapi tidak bisa. Akhirnya penyihir pulang ke negrinya dengan sia-sia.
Adapun Aladin maka ia mulai berjalan di bawah tanah dan tersesat dari lorong satu ke lorong yang lain. Hingga ia dapati dirinya di tempat yang asing. Dan ia menemukan dirinya di istana yang indah yang dikelilingi oleh taman, kebun yang penuh dengan burung-burung yang berkicau, yang mengalir dibawahnya sungai. Dan dia menemukan tembok istana dari emas dan perak. Maka ia mulai berkeliling di sekitar istana dan masuk ke sebuah ruangan, dan dia mencari orang di dalamnya dan tidak menemukan siapapun. Dan sepanjang waktu Aladin menangis dan memanggil : ibuku, ibuku, dimana kamu wahai ibuku ? dan ketika ia lelah ia duduk di atas bangku di taman istana, dan ia mengusap 2 matanya dengan kedua tanganya dari air mata. Dan ketika ia mengusap tangannya, ia menyentuh permukaan cincin yang ia pakai, yang penyihir Habsyi berikan padanya, dan seketika itu dia melihat ada jin didepannya, dan berkata : wahai tuanku, mintalah apa yang kamu inginkan karena sesungguhnya aku pelayanmu. Lalu Aladin berkata : tolonglah aku, bawa aku pada ibuku, sesungguhnya aku orang asing disini, aku tidak punya sanak keluarga dan orang terdekat, dan aku tersesat di sini. Dan dalam waktu sesaat Aladin menemukan dirinya di depan pintu rumahnya yang miskin dan bersamanya pula sebuah lampu. Ketika melihat Aladin ibunya langsung memeluknya dan dia menangis dengan sangat bahagia. Maka bertanyalah ibunya dan dia menceritakan tentang apa yang terjadi. Dan waktu itu Aladin meninggalkan permata, emas dan perak di bawah tanah, dan tidak membawa apapun kecuali sebuah lampu.
Dan adapun ibu Aladin orang yang miskin, dia tidak diwarisi oleh ayah Aladin sesuatu pun saat meninggal. Dan adapun Aladin sangat mencintai ibunya, karena ibunya adalah segalanya baginya, maka ia memberikan pada ibunya lampu tersebut untuk dijual dan membeli kebutuhan makan. Adapun lampu tersebut berdebu dan penuh dengan banyak asap, maka ibu Aladin membersihkan lampu tersebut. Ketika mengusap kaca lampu ibu Aladin melihat ada seorang jin, dan berkata kepadanya : wahai tuanku, apa yang kau inginkan? Aku adalah pelayanmu. Ibu Aladin tidak mengerti perihal tersebut, dan membuang lampu tersebut. Maka berbicaralah Aladin kepada jin tersebut, lalu berkata : kami sangat lapar dan kami miskin, datangkanlah pada kami hidangan makanan dari makanan yang lezat. Maka dengan seketika dia melihat hidangan makan yang terdiri dari daging domba, daging ayam, dan daging bebek yang dimasak dengan kismis/anggur, nasi, di atas piring emas dan perak. Maka makanlah Aladin dan ibunya hingga kenyang. Dan bersyukur kepada Allah, dan mereka pun menjadi bahagia.
Setelah itu Aladin keluar untuk piknik ke taman kota. lalu ia bertemu dengan putri raja di jalan, yang namanya “Nurul ‘Uyun”. Dia gadis cantik yang parasnya begitu indah. Maka Aladin jatuh cinta pada putri tersebut, dan menginginkan untuk menikahinya, akan tetapi Aladin sadar bahwa dirinya miskin.
Aladin pulang ke rumah, dan pergi ke pada lampu dan mengusapnya. Dan seketika itu munculah jin dan berkata padanya : wahai tuanku, mintalah apa yang kau inginkan, aku adalah pelayanmu. Maka Aladin berkata, aku orang miskin, dan aku ingin menikahi putri raja, dan aku ingin istana yang indah yang lebih baik dari istana milik raja, dan harta yang banyak. Dan beberapa saat Aladin menemukan dirinya dan ibunya dalam istana yang indah, lebih indah dari istana milik raja, dan dilemarinya penuh dengan emas dan perak, dan didalamnya ada ratusan dayang-dayang. Aladin menjadi kaya.
Aladin mengirimkan kepada raja hadiah dari emas dan permata. Raja merasa senang akan hadiah tersebut, dan raja mengutus yakni mengundang Aladin untuk makan bersamanya. Maka pergilah Aladin untuk makan bersama raja dan putrinya yang bernama “Nurul ‘Uyun”. Dan saat makan malam raja berterima kasih pada Aladin atas hadiah yang mahal tersebut, maka ia berkata : mintalah apapun padaku, maka lalu Aladin  berkata : mintaku begitu sederhana wahai tuan raja, sesungguhnya aku ingin menikahi putrimu yakni tuan putri “Nurul ‘Uyun”. Maka raja begitu senang, dan menerimanya dan mengutus hakim untuk mencatat akad pelaksanaanya. Maka dilaksanakanlah pesta yang panjang berhari-hari, dan dihiasalah kota atas perintah raja, dan Aladin masuk bersama tuan putri “Nurul ’Uyun”. Dan mereka hidup menjadi pasangan yang bahagia.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Inspirasi Mengenai Perjuangan Melanjutkan Pendidikan

DERAI AIR MATA SI GADIS BERDARAH MINANG 2 Tahun silam masih teringat betapa bergetar hati dan mengigilnya kedua tangan saat aku menerima pengumuman resmi hasil kelulusan dari Seleski Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keislaman Negeri (SPAN PTKIN), seisi kelas bimbingan belajarku tiba-tiba rusuh, semua orang tidak lagi memperhatikan guru di depan kelas, termasuk diriku. Kucoba beranikan diri membuka situs penguguman tersebut, walau sempat takut, takut menerima kegagalan untuk kedua kalinya, aku sempat menangis dan mengurung diri di kamar dan malu pada Apak (panggilan ayah di Sumatera Barat) dan Amak (panggilan ibu di Sumatera Barat) karena gagal dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTB) untuk pertama kalinya.    Bismillah, itu kata-kata yang tidak henti-hentinya aku sebut, mulailahku buka dan muncul tulisan yang mengatakan bahwa aku diterima di salah satu Perguruan Tinggi Negeri Islam di Yogyakarta tepatnya di Universitas Islam Negeri Sunan K

Percakapan Sepasang yang Melawan Terinspirasi oleh buku “Pejalan Anarki” Karya Jazuli Imam

Percakapan Sepasang yang Melawan Terinspirasi oleh buku “Pejalan Anarki” Karya Jazuli Imam Percakapan ini bermula dari keresahan-keresahan yang tidak tahu harus dimana ditumpahkan, mereka dua anak manusia yang berusaha melawan, baik penindasan yang mereka sendiri rasakan dan juga penindasan pada rakyat yang terjadi di negeri ini. Mereka berdua sepasang yang memiliki keunikan masing-masing dan mereka punya cara dalam melawan. Intip saja percakapan mereka di bawah ini. Asmara        : Apa yang sebenarnya sedang ku cari ? hanya lelah yang ku dapati, rasanya ingin pulang saja, ingin menjauh dari kota dan meninggalkan benang kusut di sana. El                : Begini nona, anggap saja semua ini proses bagimu, proses menuju kedewasaan, Asmara       : Bagaimana harus sesulit ini pak ? El                 : Nona, pribadi hebat lagi kuat harus diuji dengan ujian yang kuat dan dasyat pula, Asmara       : Begitukah El, sungguh ? atau ini hanya sekedar kata-katamu untuk menghibu