Langsung ke konten utama

CONTOH OPINI TENTANG KOPERASI MAHASISWA



MEWUJUDKAN KOPMA UIN YANG IDEAL
Oleh Kristinawati
Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

          Koperasi merupakan badan usaha mandiri dengan beranggotakan suatu komunitas atau lembaga yang bergerak dalam bidang kewirausahaan. Perkembangan badan usaha ini bergantung pada usaha mandiri komunitas atau lembaga pengelola. Seluruh kegiatan koperasi menggunakan prinsip koperasi dengan fungsi sebagai gerakan ekonomi kerakyatan yang berasaskan kekeluargaan.
          Dalam perkembanganya, koperasi tidak hanya hadir di tengah-tengah masyarakat umum tetapi juga di kalangan mahasiswa. Koperasi yang terdapat di Perguruan Tinggi sering disebut koperasi mahasiswa (KOPMA) yaitu koperasi yang seluruh anggotanya adalah mahasiswa, termasuk para pengurus harian dan badan pengawas. Salah satu Perguruan Tinggi yang merupakan bagian dari kopma adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kopma UIN Sunan Kalijaga berdiri pada tahun 1982 dengan ide mendasar, yaitu perlunya pemenuhan kesejahteraan bersama dalam kegiatan proses belajar mengajar dan mengatasi problem-problem yang nantinya dirasakan oleh anggota. Ciri khas kopma UIN yang menjadi karakteristik tersendiri dibandingkan dengan  kopma yang ada di Perguruan Tinggi di Indonesia ialah kopma UIN menerapkan manajemen bisnis syariah. Hal inilah yang menjadikan kopma UIN lebih dikenal, untuk diapresiasi dan bahkan bisa dijadikan contoh bagi kopma Perguruan Tinggi yang lain.
Kelemahan

Berhasil tidaknya sebuah organisasi bergantung pada kesadaran anggota dan kreativitas dalam pengelolahanya. Begitu juga dalam mengelola Kopma, management  organisasi menjadi tolak ukur kesuksesan kopma itu sendiri. Seiring tumbuh dan berkembangnya, tentu akan banyak ditemui perubahan baik seputar kekurangan maupun kelebihan. Kelebihan sendiri nantinya akan mendatangkan dampak positif hingga kesuksesan bagi kopma, sedangkan kekurangan atau kelemahan tentu akan menjadi problem yang bisa menghambat keberhasilan. Oleh karena itu, kreativitas dan pengelolaan menejemen yang baik sangat diperlukan untuk memperbaiki kelemahan sebelum menimbulkan kegagalan.
Berikut beberapa contoh kekurangan yang menjadi kelemahan yang menghambat perkembangan kopma UIN. Pertama, tidak adanya alat keamanan baik CCTV atau alat keamanan lain seperti alat pendeteksi barcode. Kedua, tempat yang kurang luas. Ketiga, aneka jenis barang yang tidak beragam. Keempat, posisi kasir yang kurang tepat. Kelima, pelayanan kasir yang tidak memuaskan seperti kurang ramah dan kurang menghormati customer.
Analoginya, kita adalah customer yang baru mengunjungi sebuah swalayan. Saat melangkahkan kaki masuk, kita akan mendapati sapaan dan senyuman dari para karyawan disana. Apalagi didukung dengan tempat yang bersih dan rapi, penetaan ruang yang tepat dan bagus, serta keamanan yang profesional berupa CCTV maupun cermin besar yang diletakkan disetiap sudut di dinding. Hal tersebut hendaknya menjadi alasan atas jawaban mengapa masyarakat kampus lebih memilih berbelanja dan membeli kebutuhanya di swalayan atau minimarket daripada berbelanja di koperasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Aladin dan Lampu Ajaib dalam Bahasa Arab

  علاء الدين والمصباح السحرى كان فى قديم الزمان ساحر من بلاد الحبشة. وقد قرأ هذ الساحر فى الكتب انه يوجد فى بلاد الصين مصباح سحرى يقضى كل شىء. فكر هذا الساحر فى الذهاب الى بلاد الصين ليبحث عن هذا المصباح العجيب, فسافر من بلاده ليال وأياما, واسابيع وشهورا. حتى وصل الى بلاد الصين. وهناك سأل الناس عن مكان المصباح. فقال له الناس : ان هذا المصباح تحت الأرض, فى قصر مهجور, ولهذا القصر باب ضيق جدّا يكفى فقد لمور ولد صغير فى داخله . ويقال ان يلمس هذا الباب فى أثناء الدخول او الخروج ينطبق عليه الباب فى الحال. بحث الساحر الحبشى عن مكان القصر حتى وجد. ولكنه وجد الباب صغيرا جدا. ولأ يمكنه ان يدخل منه. فبحث عن ولد صغير الجسم. ليدخل فى هذا القصر تحت الأرض. وأخذ يبحث ويبحث حتى وجد الولد الصغير الذى يريده واسمه "علاء الدين". قال الساحر الحبسشى لعلاء الدين : ادخل منا الباب. وانزل تحت الأرض, وستجد حجرات مملوءة بالذهاب والفضة والجوهر, فاملا جيوبك من هذا الأشياء, وستجد مصباحا صغيرا قديما فهاته وتعال, وخذ هذا الحاتم معك. ثم اعطاه خاتما صغيرا لبسه. ونسى ان يقول له لماذ أعطاه ا

Percakapan Sepasang yang Melawan Terinspirasi oleh buku “Pejalan Anarki” Karya Jazuli Imam

Percakapan Sepasang yang Melawan Terinspirasi oleh buku “Pejalan Anarki” Karya Jazuli Imam Percakapan ini bermula dari keresahan-keresahan yang tidak tahu harus dimana ditumpahkan, mereka dua anak manusia yang berusaha melawan, baik penindasan yang mereka sendiri rasakan dan juga penindasan pada rakyat yang terjadi di negeri ini. Mereka berdua sepasang yang memiliki keunikan masing-masing dan mereka punya cara dalam melawan. Intip saja percakapan mereka di bawah ini. Asmara        : Apa yang sebenarnya sedang ku cari ? hanya lelah yang ku dapati, rasanya ingin pulang saja, ingin menjauh dari kota dan meninggalkan benang kusut di sana. El                : Begini nona, anggap saja semua ini proses bagimu, proses menuju kedewasaan, Asmara       : Bagaimana harus sesulit ini pak ? El                 : Nona, pribadi hebat lagi kuat harus diuji dengan ujian yang kuat dan dasyat pula, Asmara       : Begitukah El, sungguh ? atau ini hanya sekedar kata-katamu untuk menghibu

Cerita Inspirasi Mengenai Perjuangan Melanjutkan Pendidikan

DERAI AIR MATA SI GADIS BERDARAH MINANG 2 Tahun silam masih teringat betapa bergetar hati dan mengigilnya kedua tangan saat aku menerima pengumuman resmi hasil kelulusan dari Seleski Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keislaman Negeri (SPAN PTKIN), seisi kelas bimbingan belajarku tiba-tiba rusuh, semua orang tidak lagi memperhatikan guru di depan kelas, termasuk diriku. Kucoba beranikan diri membuka situs penguguman tersebut, walau sempat takut, takut menerima kegagalan untuk kedua kalinya, aku sempat menangis dan mengurung diri di kamar dan malu pada Apak (panggilan ayah di Sumatera Barat) dan Amak (panggilan ibu di Sumatera Barat) karena gagal dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTB) untuk pertama kalinya.    Bismillah, itu kata-kata yang tidak henti-hentinya aku sebut, mulailahku buka dan muncul tulisan yang mengatakan bahwa aku diterima di salah satu Perguruan Tinggi Negeri Islam di Yogyakarta tepatnya di Universitas Islam Negeri Sunan K